7 Langkah Membuat Paspor Secara Online

Posted on

Paspor merupakan suatu barang yang tidak boleh ketinggalan dan sangat wajib untuk di bawa ketika kalian akan bepergian ke luar negeri. Paspor bisa dibilang sebagai kartu identitas kita selama kita berada di luar negeri. Sehingga paspor tidak boleh kita abaikan atau kita remehkan begitu saja kegunaannya selama kita berada di luar negeri.

Namun bagi sebagian orang ada yang sangat malas dan enggan untuk membuat paspor atau memperpanjang paspor yang sudah mereka miliki sebelumnya. Hal ini tentu akan sangat tidak baik apalagi jika kalian termasuk orang yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri, entah itu untuk perjalanan bisnis maupun hanya untuk sekedar jalan-jalan saja.

Prosedur Pembuatan Paspor Online

Sebagian besar orang mungkin malas untuk membuat paspor dan memperpanjang paspor mereka karena mereka mungkin malas untuk mengurusnya dikarenakan begitu banyaknya persyaratan yang rumit untuk membuat dan memperpanjang paspor itu sendiri. Namun sekarang di era yang serba internet ini, kini pembuatan paspor bisa kalian lakukan melalui internet atau secara online sehingga kalian tidak perlu repot-repot untuk bolak-balik datang ke kantor imigrasi untuk membuat paspor.

Meskipun masih ada juga pilihan untuk melakukan permohonan pembuatan paspor secara manual yaitu dengan datang langsung ke kantor imigrasi. Pembuatan paspor secara online memang lebih praktis dan menghemat waktu apabila dibandingkan dengan pembuatan paspor secara manual. Tapi bukan berarti jika kita sudah membuat paspor secara online, kita tidak perlu lagi untuk datang ke kantor imigrasi. Kita juga harus tetap datang ke kantor imigrasi untuk keperluan verifikasi berkas, wawancara, pengambilan sidik jari dan foto.

Artikel Terkait : Jenis-Jenis Gempa Bumi Beserta Penjelasannya

Selain pembuatan paspor baru yang bisa dilakukan secara online, perpanjangan paspor anda yang lama pun juga bisa dilakukan secara online. Perlu diketahui bahwa masa berlaku dari sebuah paspor adalah selama 5 tahun dan bisa dilakukan perpanjangan apabila sudah memasuki masa kurang lebih 6 bulan sebelum masa berlaku paspor kalian berakhir.

Nah untuk kalian yang mau membuat paspor tapi tidak mau ribet harus bolak-balik ke kantor imigrasi, kalian bisa membuatnya secara online melalui website atau situs milik imigrasi yang ada di alamat imigrasi.go.id. Disini akan saya jelaskan tentang bagaimana langkah-langkah dalam membuat paspor secara online.

Cara Bikin Paspor Online

1. Siapkan Berkas Yang Diperlukan Dalam Pembuatan Paspor

@travelingyuk

Pada saat ingin membuat paspor secara online anda juga harus menyiapkan berkas-berkas yang anda miliki. Dulu persyaratan dalam membuat paspor secara online ini yaitu dokumen-dokumen milik kalian harus di scan dan di upload ke website imigrasi.

Namun kini kalian hanya perlu memasukkan data-data tersebut ke website imigrasi dan kemudian membawanya langsung ke kantor imigrasi untuk tahap verifikasi berkas. Dokumen-dokumen yang perlu kalian persiapkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • KTP (e-KTP)
  • Kartu Keluarga
  • Akta lahir
  • Ijazah /buku nikah
  • Paspor lama (Untuk yang perpanjangan paspor)

Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia, persyaratan pembuatan paspornya adalah sebagai berikut:

  • KTP kedua orang tua
  • Kartu Keluarga
  • Akta kelahiran
  • Buku nikah orang tua
  • Paspor lama (Untuk yang perpanjangan paspor)

2. Kunjungi Website Imigrasi

@aturduit

Kunjungi situs milik Imigrasi di imigrasi.go.id, lalu klik “Layanan Paspor Online” yang ada dalam kotak “Online Services”. Lalu klik “Pra Permohonan Personal”. Setelah itu akan muncul halaman informasi permohonan yang harus diisi dengan data-data dari pemohon. Kolom yang bertanda bintang merah wajib untuk diisi. Dan pastikan semua data yang kalian masukkan sudah benar dan sesuai dengan data yang kalian miliki.

Untuk pembuatan paspor baru pilih Baru – Paspor Biasa pada isian Jenis Permohonan, sementara untuk perpanjangan pilih jenis permohonan yang sesuai dan isikan nomor paspor lama milik kalian. Untuk kantor imigrasi diisi dengan lokasi kantor imigrasi yang akan kalian datangi nantinya. Sebaiknya pilihlah kantor imigrasi yang dekat dengan tempat tinggal kalian, tidak harus sesuai dengan alamat pada KTP kalian.

Selanjutnya kalian akan disuruh untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, tinggi badan, dan lain-lain. Alamat email yang kalian masukkan juga jangan sampai salah karena ini akan menjadi surat pengantar ke bank untuk pembayaran paspor yang dikirim melalui email yang anda cantumkan.

Artikel Terkait : Sejarah Ejaan Bahasa Indonesia

Baca Juga :  Contoh Proposal Usaha Warung Makan

Untuk nomor identitas, kalian bisa mengisinya dengan nomor KTP. Atau jika belum memiliki KTP, bisa juga diisi dengan menggunakan NIK. Kemudian kalian akan disuruh untuk mengisi alamat rumah dan alamat kantor, lalu alamat orang tua dan alamat lama yang tidak wajib untuk diisi.

Kemudian data ayah dan ibu atau data suami/istri. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai pembayaran dan konfirmasi permohonan paspor baru kalian. Adapun untuk biaya yang saat ini tertera adalah total Rp.355.000 dengan perincian sebagai berikut ini:

  • Biaya paspor Rp.300.000
  • Biaya biometrik Rp.55.000

3. Proses Pembayaran

@mafiakartukredit

Setelah kalian selesai mengisi data-data kalian, kalian akan mendapatkan notifikasi surat pengantar ke bank untuk proses pembayaran melalui email yang sudah kalian berikan sebelumnya.

Pembayaran ini dapat dilakukan melalui Bank BNI dengan membawa bukti pengajuan paspor yang di dalamnya tercantum jumlah biaya yang harus dibayarkan ke bank.

Setelah itu kalian akan mendapatkan tanda bukti pembayaran dari bank. Tanda bukti atau struk pembayaran ini harus kalian fotocopy sebanyak 3 lembar dan jadikan satu dengan berkas-berkas permohonan paspor yang sudah kalian siapkan sebelumnya.

4. Verifikasi Pembayaran

@xiaovee

Setelah proses pembayaran selesai dilakukan, buka email dari imigrasi dan klik tautan yang ada di email tersebut. Setelah itu kalian dapat memilih tanggal untuk datang ke kantor imigrasi. Setelah itu kalian akan menerima tanda terima permohonan email yang harus kalian cetak.

5. Datang Ke Kantor Imigrasi

@tribunnews

Kantor imigrasi biasanya buka mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 16.00, dengan waktu istirahat pukul 12.00-13.00. Kecuali pada hari Jumat pukul 11.30-13.00. Beberapa hal yang harus kalian perhatikan pada saat datang ke kantor imigrasi adalah:

  • Berpakaianlah yang rapi dan sopan
  • Jangan lupa bawa semua berkas anda dengan lengkap
  • Ambil nomor antrean
  • Verifikasi semua berkas anda
  • Lengkapi persyaratan yang tertera

6. Foto, Biometrik Dan Wawancara

@antarafoto

Kemudian kalian harus mengantre untuk ke tahapan selanjutnya yaitu pengambilan foto, pengambilan sidik jari (data biometrik) dan untuk wawancara. Untuk proses wawancara biasanya kalian hanya akan ditanyai tentang untuk keperluan apa kalian membuat paspor dan kemana kalian akan bepergian.

7. Pengambilan Paspor

@porosberita

Setelah semua proses selesai, kalian akan menerima lembar untuk pengambilan paspor. Biasnya paspor baru bisa diambil setelah 3 hari kerja. Kalian dapat memeriksa status permohonan paspor kalian di website imigrasi pada Status Pra Permohonan. Masukkan nomor permohonan anda lalu akan tertera status permohonan dan jadwal pengambilan paspor langsung ke kantor imigrasi tempat anda mendaftar.

Sangat mudah bukan pembuatan paspor secara online. Jadi jangan sampai malas untuk mengurus dan memperpanjang paspor milik kalian ya.

Related posts: