7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Posted on

Di era digital dan perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, maka akan semakin bergantung pula kita terhadap teknologi-teknologi tersebut. Salah satu teknologi yang paling banyak digunakan manusia dan sering kita jumpai sehari-hari yaitu komputer.

Komputer dan teman-teman sebangsanya seperti laptop, tablet, dan lain-lain seakan sudah menjadi barang yang sangat penting untuk menunjang kegiatan aktivitas manusia sehari-hari. Komputer ini memiliki berbagai macam fungsi dan kegunaan bagi setiap penggunanya. Mulai dari untuk bekerja sampai dengan sebagai sarana hiburan dan bermain game.

Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

@blogtribunjualbeli

Namun ternyata apabila kita sering menghabiskan waktu di depan komputer dengan rentan waktu yang cukup lama hal ini akan dapat berpengaruh pada mata kita. Menghabiskan waktu selama 5 jam di depan layar komputer saja sudah jadi tidak sehat bagi kesehatan mata kita. Apalagi jika pekerjaan kalian yang mengharuskan kalian untuk memandangi layar komputer dari pagi hingga sore yang bisa hingga 9 jam setiap harinya.

Tentunya mata akan menjadi sangat lelah dan tak jarang akan terasa sakit. Namun kondisi dimana mata lelah ini sudah umum terjadi apabila kalian terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer. Beberapa gejala yang umum yang sering dialami oleh orang yang banyak menghabiskan waktunya di depan layar komputernya yaitu adalah seperti mata terasa kelelahan, mata terasa gatal, mata merah, dan bahkan hingga mata terasa panas.

Artikel Terkait : Fungsi, Proses dan Sistem Peredaran Darah Manusia

Namun biasanya mata yang kelelahan ini hanya terjadi dalam kurun waktu yang singkat dan akan hilang dengan sendirinya jika kalian mengistirahatkan mata kalian dari depan layar komputer. Tapi apabila mata lelah terjadi secara berkepanjangan dan tak kunjung sembuh, sebaiknya kalian perlu memeriksakannya ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Jangan menganggap mata lelah ini sebagai sesuatu yang remeh karena jika tidak ditangani dengan tepat akan menyebabkan penyakit mata yang lebih parah.

Lalu bagaimanakah caranya untuk tetap menjaga kesehatan mata saat kita sering menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer? Saya akan membagikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga mata kalian yang sering menatap layar komputer terlalu lama. Berikut tipsnya.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

  • Jaga Jarak Aman Dengan Layar Komputer
@ican-education

Guna menghindari pancaran sinar dari komputer yang memiliki efek tidak baik bagi mata maka kalian perlu mengatur jarak pandang kalian dengan layar komputer. Standart jarak aman antara mata dengan layar komputer yaitu adalah sekitar 50 hingga 100 cm. Karena apabila kalian memandang layar komputer dengan jarak yang sangat dekat hal ini akan menyebabkan mata kalian cepat lelah dan tidak baik bagi kondisi mata kalian.

Dengan kalian menjaga jarak pandang mata kalian dari layar komputer hal ini akan membuat mata kalian tidak cepat lelah dan juga dapat mengurangi resiko mata minus atau rabun jauh pada mata kalian.

  • Atur Kecerahan Pada Layar Komputer
@gudangilmukomputer

Salah satu cara yang dapat kalian lakukan agar mata tetap sehat dan tidak mudah lelah saat di depan layar komputer yaitu dengan cara mengatur brightness atau kecerahan yang ada di dalam layar komputer kalian.

Artikel Terkait : Pengertian dan Fungsi Epiglotis

Baca Juga :  Cara Budidaya Buah Tin

Aturlah kecerahan pada layar komputer kalian dengan tidak terlalu cerah dan tidak terlalu redup juga. Dengan melakukan hal ini akan dapat membuat mata kalian menjadi nyaman dan tidak terasa cepat lelah meskipun kalian menghabiskan waktu yang lama di depan layar komputer.

  • Istirahatkan Mata

Apabila pekerjaan kalian menuntut kalian untuk di depan layar komputer selama berjam-jam lamanya, maka jangan lupa untuk selalu memberikan istirahat pada mata kalian selama kurang lebih selama 5 menit setiap jamnya. Agar selama di depan layar komputer dalam waktu yang cukup lama mata kalian akan tidak terlihat kelelahan. Jangan paksakan mata kalian untuk tetap terus memandang layar komputer selama berjam-jam karena hal ini akan dapat membuat mata menjadi gampang lelah dan tidak sehat juga bagi kesehatan mata kalian sendiri.

  • Hindari Silau

Jika kalian bekerja di depan layar komputer hal yang perlu diperhatikan yaitu adalah dengan pengaturan cahaya yang tepat. Maksudnya disini yaitu adalah ruangan tempat bekerja kalian haruslah memiliki cahaya yang cukup dan yang terpenting yaitu adalah cahaya tersebut tidaklah menyilaukan mata kalian.

Cahaya yang membuat silau biasanya dapat berasal dari lampu yang letaknya kurang tepat dan juga cahaya dari sinar matahari dari luar yang dapat membuat silau mata.

Apabila terdapat cahaya sinar matahari dari luar yang masuk ke ruangan tempat kalian bekerja, sebaiknya tutuplah gorden pada jendela agar cahaya tersebut tidak menyilaukan mata sehingga akan membuat mata cepat lelah dan menjadi tidak sehat berada di depan layar komputer selama berjam-jam.

  • Lihat Warna Hijau
@rumah

Warna hijau ternyata dapat membuat mata kita tetap rileks sehingga tidak akan mudah lelah saat kita berada di depan layar komputer. Kalian dapat sesekali melihat keluar dan lihatlah hijaunya daun dan tumbuh-tumbuhan serta pemandangan yang ada di luar. Namun apabila tempat kerja kalian tidak memungkinkan kalian untuk dapat memandang ke luar, maka kalian dapat mengganti layar komputer kalian dengan gambar pemandangan alam yang didominasi dengan warna hijau.

Atau bisa juga kalian mengganti warna cat tembok ruangan kalian bekerja dengan warna hijau. Lakukan hal ini untuk dapat menjaga mata kalian tetap sehat dan tidak mudah lelah berada di depan layar komputer.

  • Berolahraga
@jpnn

Olahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan mata kalian dan juga mengurangi rasa lelah pada mata yang sering kalian alami apabila berada di depan layar komputer cukup lama. Apabila kalian sering menghabiskan waktu kalian selama berjam-jam duduk di depan layar komputer dengan cukup lama, kalian dapat mengimbanginya dengan berolahraga secara rutin.

Untuk menjaga kesehatan mata dan juga tubuh kalian, berolahragalah secara rutin. Karena dengan berolahraga akan dapat mengurangi rasa nyeri dan rasa sakit pada mata dan tubuh kalian akibat dari terlalu lama berada di depan layar komputer setiap harinya.

  • Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayuran
@kompas

Pada umumnya buah dan sayuran memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang bagus untuk tubuh tak terkecuali salah satunya adalah dalam menjaga kesehatan mata. Beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan mata diantaranya yaitu adalah vitamin A yang dapat kalian dapatkan melalui buah dan sayuran.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin A yaitu seperti wortel, apel, tomat, dan lain-lain. Konsumsilah buah-buahan dan syuran ini untuk menjaga kesehatan mata kalian agar tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah terkena penyakit mata seperti rabun yang diakibatkan karena terlalu sering berada di depan layar komputer.

Itulah tadi 7 tips yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mata kalian yang sering berada di depan layar komputer. Semoga dapat bermanfaat.

Related posts: