5 Wisata Kuliner Indramayu Yang Nikmat

Posted on

Makanan Khas Indramayu siap memanjakan ludah para wisatawan maupun travelling. Indramayu tidak hanya dikenal sebagai daerah yang kaya akan wisata alamnya saja, tetapi juga kaya akan makanan khas yang super lezat sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Tidak lengkap rasanya jika Anda mengunjungi Indramayu namun tidak mencicipi berbagai masakan khas Indramayu. Banyak tempat di Indramayu yang menawarkan berbagai masakan khas terutama di pusat kabupaten. Nah, berikut ini beberapa makanan khas Indramayu yang wajib Anda cicipi.

Wisata Makanan Khas Indramayu

Nasi Lengko

kartanesia.com

Salah satu Makanan Khas Indramayu yang banyak digemari oleh para wisatawan dalam maupun luar kota yaitu Nasi Lengko. Makanan yang satu ini dikenal memiliki rasa lezat dengan sajian yang begitu menggoda. Makanan ini mirip sekali dengan gado-gado khas Betawi.

Nasi lengko merupakan makanan yang berbahan dasar nasi yang ditambah dengan makanan khas indramayu. Satu porsi nasi lengko yaitu nasi dengan tempe goreng, tahu goreng iris, tauge, kucai, mentimun dan beberapa sayuran lain di atasnya. Nasi terasa semakin gurih dan manis dengan siraman bumbu pecel atau bumbu rujak diatasnya.

Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung menjadi makanan khas kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Makanan yang satu ini mirip seperti gulai yaitu dengan kuah kuning yang gurih. Anda bisa menemukan kuliner khas ini di daerah pantai utara Indramayu yang banyak ditemukan ikan manyung.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Di Bandung Yang Menarik dan Murah!!

Pindang Gombyang Manyung merupakan makanan yang berbahan dasar kepala ikan maupun ikan yang masih utuh. Jenis ikan yang digunakan tentunya ikan manyung yang diolah dengan bumbu rempah yang khas seperti kunyit, lengkuas, jahe dan yang lainnya. Masakan semakin segar dengan tambahan belimbing wuluh di dalamnya.

Burbacek

Makanan khas Indramayu yang wajib Anda coba selanjutnya yaitu Burbacek. Burbacek singkatan dari bubur, rumbah dan cecek yang dipadukan sehingga memiliki rasa yang begitu enak dan khas. Makanan yang satu ini tentu sangat nikmat menjadi sarapan pagi Anda bukan?

Burbacek merupakan bubur yang ditambah dengan rumbah dan cecek. Cecek sendiri adalah kikil sapi yang dimasak terlebih dahulu dengan campuran parutan kelapa dan bumbu cabai merah. Burbacek dikenal sebagai makanan dengan kaya rasa seperti rasa asam pedas yang berasal dari rumbah, gurih dan pedas yang berasal dari cecek.

Pedesan entog

Pedesan Entog memiliki tekstur empuk yang dimasak dengan merica banyak sehingga akan menghasilkan rasa yang pedas dan hangat ketika sampai di perut. Makanan yang satu ini tentu rasanya akan berbeda dengan entog yang dimasak pedas pada wilayah lain.

Sesuai dengan namanya, pedesan entog tentunya berbahan dasar entog yang diambil berupa dagingnya yang tebal. Daging entog sendiri hampir mirip dengan bebek yaitu dari segi kenyalnya. Aroma amis juga lebih tinggi, namun akan hilang setelah diolah menjadi pedesan entog.

Baca Juga :  Top 10 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Bikin Bahagia

Karedok

Karedok khas Indramayu hampir mirip seperti rumbah ataupun tumbuk dimana makanan semakin nikmat jika menyantapnya dengan lontong atau nasi dengan lauk kerupuk. Karedok merupakan makanan khas yang terbuat dari beberapa bahan mentah seperti timun, kol, kacang panjang, kemangi, terong, dan tauge. Sedangkan bumbu-bumbu untuk memasaknya yaitu cabe rawit, bawang merah, bawang putih, gula, kenur, terasi dan daun jeruk.

Makanan Khas Indramayu tersebut bisa Anda nikmati hanya di Indramayu saja. Oleh karena itu, jangan lewatkan berbagai makanan tersebut untuk memanjakan lidah Anda. Selamat berlibur dan menikmati masakan Indramayu yang begitu lezat.

Related posts: