Penjelasan Lengkap 5 Lapisan Atmosfer Bumi

Posted on

Atmosfer merupakan sebuah lapisan yang terdiri dari lapisan gas yang melingkupi planet bumi yang kita tinggali ini. Tak hanya di planet bumi saja, di planet-planet lain di tata surya juga memiliki dan di selimuti oleh lapisan atmosfer nya masing-masing namun dengan kondisi dan kerapatan yang berbeda-beda antar atmosfer yang ada di tiap planet.

Lapisan Atmosfer dan Penjelasannya

Kata atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Atmos” yang berarti uap air atau gas dan kata “Sphaira” yang memiliki arti selimut. Jadi bisa di katakan bahwa atmosfer merupakan lapisan gas yang menyelimuti sebuah planet. Di planet bumi sendiri atmosfer memiliki ketinggian dari 0 kilometer di atas permukaan bumi sampai dengan sekitar 560 kilometer dari atas permukaan bumi.

Transisi yang terjadi antar lapisan yang ada pada lapisan atmosfer satu dengan yang lain nya terjadi secara bertahap. Atmosfer ini terdiri dari beberapa macam lapisan yang di namai sesuai dengan fenomena yang terjadi pada lapisan tersebut. Atmosfer yang ada di bumi ini terdiri atas nitrogen sebanyak 78%, oksigen sebanyak 21%, argon sebanyak 1%, karbondioksida sebanyak 0,0357%, uap air serta gas-gas lain nya.

75% dari atmosfer berada di dalam jarak 11 kilometer dari permukaan planet. Menurut para ahli geologi, pada mula nya atmosfer ini memiliki kandungan CO2 (karbondioksida) yang tinggi sehingga suhu permukaan bumi juga sangat tinggi. Saat itu O2 (oksigen) belum terbentuk sehingga belum ada lapisan ozon yang bisa untuk melindungi bumi dari radiasi sinar matahari yang panas.

Sehingga kondisi itu tidak memungkinkan ada nya kehidupan di bumi yang sangat panas karena bumi tidak terlindung dari sinar radiasi matahari. Kemudian pada sekitar 3,5 milyar tahun yang lalu ada nya evolusi makhluk hidup yang berklorofil yang berfotosintesis ini lapisan ozon terbentuk. Hal ini karena fotosintesis membutuhkan CO2 (karbondioksida) maka kadar CO2 yang ada di atmosfer pun berkurang dan kadar 02 (oksigen) meningkat, sehingga terbentuklah lapisan ozon.

Artikel Terkait : Fungsi Tari Tradisional Indonesia

Baca Juga :  Contoh Proposal Usaha Warung Makan

Atmosfer ini bertugas untuk melindungi kehidupan yang ada di planet bumi dengan cara menyerap radiasi dari sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari dan atmosfer juga berfungsi untuk mengurangi suhu yang sangat ekstrim antara siang dan malam. Atmosfer sendiri di bagi menjadi 5 bagian lapisan. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagian lapisan yang ada pada atmosfer.

 

Lapisan Atmosfer Bumi

 

  • Troposfer

Troposfer ialah lapisan atmosfer yang berada paling bawah yang terletak pada ketinggian antara 0-10 kilometer di atas permukaan bumi. Lapisan troposfer ini memiliki tebal rata-rata kurang lebih 10 kilometer. Pada daerah khatulistiwa ketinggian lapisan troposfer dapat mencapai 16 kilometer dengan suhu rata-rata nya 80°C, pada daerah sedang ketinggian lapisan troposfer sekitar 11 kilometer dengan suhu rata-rata nya 54°C, sedangkan pada daerah kutub ketinggian lapisan troposfer hanya sekitar 8 kilometer dengan suhu rata-rata nya 46°C.

Pada lapisan ini tinggi rendah dari suatu tempat yang ada di permukaan bumi akan berpengaruh terhadap suhu udara yang ada pada suatu tempat tersebut. Di lapisan troposfer inilah kira-kira sekitar kurang lebih 80% gas atmosfer berada. Lapisan troposfer ini merupakan lapisan yang paling tipis bila di bandingkan dengan lapisan-lapisan atmosfer yang lain nya.

Pada lapisan troposfer inilah terjadi berbagai macam perubahan cuaca, perubahan suhu, perubahan angin, dan lain sebagainya. Di antara lapisan troposfer dan stratosfer terdapat sebuah lapisan yang di sebut dengan Tropopause yang menjadi pembatas antara lapisan troposfer dan stratosfer.

 

  • Stratosfer

Lapisan kedua dari atmosfer yaitu lapisan stratosfer yang berada di atas lapisan troposfer. Lapisan stratosfer ini terletak di ketinggian antara 10-40 kilometer dari permukaan bumi. Temperatur pada lapisan stratosfer ini terutama pada bagian lapisan stratosfer yang paling bawah relatif stabil dan cukup dingin yaitu sekitar -57°C.

Pada lapisan stratosfer inilah menjadi tempat terbang nya pesawat terbang yang memakai mesin jet, karena hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan cuaca yang mungkin terjadi. Lapisan stratosfer tidak memiliki kandungan uap air, dan di lapisan stratosfer ini juga terdapat lapisan ozon yang mampu melindungi bumi dari pancaran radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Lapisan ozon sendiri ini letak nya berada di ketinggian 20 kilometer dari permukaan bumi. Pada lapisan ini juga terjadi angin yang sangat kencang yang terjadi dengan pola aliran nya yang tertentu. Di antara lapisan stratosfer dan mesosfer terdapat lapisan stratopause yang memisahkan kedua nya.

 

  • Mesosfer

Lapisan ketiga dari lapisan atmosfer yaitu lapisan mesosfer. Lapisan mesosfer ini terletak pada ketinggian antara 40 – 70 kilometer dari permukaan bumi. Kepadatan antar gas-gas yang ada di lapisan mesosfer ini juga sudah agak berkurang. Lapisan mesosfer ini memiliki suatu lapisan ion atau udara yang bermuatan listrik yang terletak di ketinggian 50-70 kilometer di atas permukaan bumi.

Artikel Terkait : Tujuan dan Manfaat Perdagangan Internasional

Baca Juga :  Penjelasan Piramida Penduduk [Expansive, Granat dan Constructive]

Lapisan ozon juga terdapat pada lapisan mesosfer ini yang terjadi akibat dari pengaruh ultraviolet dan sinar X yang ada pada oksigen. Di ketinggian 50 kilometer suhu nya akan menjadi 0°C dan suhu akan turun lagi saat ketinggian bertambah hingga dapat mencapai sekitar -143°C di ketinggian 81 kilometer dari permukaan bumi yang merupakan bagian paling atas dari lapisan mesosfer ini.

Lapisan ini juga dapat melindungi bumi dari meteor dan benda-benda angkasa lain nya. Di antara lapisan mesosfer dan lapisan termosfer terdapat pembatas yang di sebut dengan lapisan mesopause.

 

  • Termosfer

Lapisan selanjutnya atau lapisan ke empat yang berada pada atmosfer yaitu adalah lapisan termosfer. Lapisan termosfer ini berada di ketinggian antara 70-400 kilometer di permukaan bumi. Lapisan ini di namakan termosfer karena pada lapisan ini terjadi kenaikan temperatur suhu yang lumayan tinggi pada lapisan ini, yaitu dengan kenaikan suhu sekitar 1500°C.

Perubahan temperatur ini di sebabkan oleh serapan radiasi dari sinar ultraviolet. Radiasi inilah yang menyebabkan terjadi nya reaksi kimia sehingga terbentuk suatu lapisan yang memiliki muatan listrik yang kita kenal dengan nama ionosfer dimana lapisan ini bisa memantulkan gelombang radio.

Lapisan termosfer ini mengandung ozon dan karbondioksida. Dan kepadatan pada lapisan termosfer ini juga sangat rendah sekali. Tapi meskipun tipis lapisan termosfer ini bisa membakar meteor yang ada pada ketinggian sekitar 300 kilometer.

 

  • Eksosfer

Lapisan atmosfer yang paling atas sendiri yaitu adalah lapisan eksosfer. Lapisan eksosfer ini berada pada ketinggian antara 400 kilometer atau lebih dari permukaan bumi. Lapisan eksosfer ini menjadi batas terluar yang membentang ke dalam angkasa dan menyatu dengan atmosfer dan radiasi sinar matahari.

Unsur penyusun utama dari lapisan eksosfer yaitu adalah hidrogen dan kandungan gas yang ada di lapisan ini sangat tipis sekali. Lapisan eksosfer ini juga merupakan lapisan paling panas sehingga sangat berbahaya bagi para astronot. Lapisan eksosfer ini menjadi benteng utama yang melindungi bumi dari aktivitas meteor dan benda langit lainnya.

Nah itulah tadi sedikit materi mengenai lapisan atmosfer yang ada di bumi. Jagalah bumi kita dari polusi udara yang dapat merusak lapisan atmosfer yang melindungi bumi.

Related posts: