5 Cara Mudah Membuat Slime [Update 2018]

Posted on

Slime merupakan mainan kekinian yang sedang ngetrend dan banyak dimainkan oleh anak-anak dan kalangan remaja masa kini. Mainan ini menjadi sangat viral dan digemari oleh banyak anak-anak di seluruh penjuru dunia saat ini.

Dalam bahasa Inggris, slime dapat diartikan sebagai “lendir”, namun pada saat sekarang ini slime dihubungkan dengan mainan anak-anak yang teksturnya cair, lembut, kenyal, lengket, bentuknya menyerupai lendir dan sangat asyik untuk dimainkan. Permainan slime ini menjadi tren setelah diperkenalkan oleh salah satu acara penghargaan di TV yaitu Kids Choice Awards.

Cara Membuat Slime Tanpa Borax

@youtube

Memainkan slime dapat membuat mood anak menjadi lebih baik dan bahagia. Bermain slime juga dapat menjadi saluran dari pelampiasan emosi negatif yang dialami dan dirasakan oleh anak. Sehingga mereka dapat melampiaskan emosi mereka dengan cara yang positif melalui permainan slime ini. Permainan slime ini akan menjadi sangat menyenangkan untuk dimainkan apalagi jika warnanya yang beraneka macam.

Pada umumnya slime ini terbuat dari lem yang dicampur dengan sabun maupun lotion dengan tambahan sedikit borax sebagai bahan agar slime dapat meggumpal (slime activator). Dan bahan slime activator disini tidak harus memakai borax bubuk sebagai bahannya. Bahan lain yang bisa dipakai untuk slime activator pengganti borax diantaranya adalah seperti obat tetes mata, detergen bubuk, detergen cair, obat sariawan, air soflents, lulur, dan lain-lain.

Artikel Terkait : Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Otonomi Daerah

Dalam pembuatannya slime ini dapat kalian buat dan kreasikan sesuai dengan kreatifitas kalian masing-masing. Berikut ini akan saya berikan beberapa cara membuat slime dari bahan yang ada di sekitar kita dan tentunya aman bagi anak-anak.

Cara Membuat Slime Termudah

1. Membuat Slime Dengan Bedak Bayi

Bedak bayi memang tidak bisa dimakan, namun bedak bayi bisa dipakai untuk membuat slime. Hal ini tentu karena dalam bedak bayi tidak terdapat kandungan zat-zat yang berbahaya bagi anak-anak.

Tapi tetap diperlukan pengawasan dari orang tua agar saat anak mereka bermain slime tidak sampai termakan dan tertelan. Berikut ini bahan dan langkah dalam pembuatan slime dari bedak bayi.

Bahan:

  • 1 botol bedak bayi, harus yang sudah bersertifikat BPOM
  • 4 sendok makan baby oil
  • 2 gelas air
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara Pembuatan

  1. Siapkan wadah atau tempat yang cukup
  2. Masukkan bedak bayi ke dalam wadah dan beri air sedikit demi sedikit sambil diaduk
  3. Tambahkan baby oil dan aduk
  4. Tambahkan pewarna makanan secukupnya
  5. Aduk hingga warnanya tercampur rata lalu biarkan di dalam tempat tertutup selama 1 jam
  6. Slime pun siap untuk digunakan

 

Baca Juga :  Contoh Semantik [Pengertian dan Jenis]

2. Membuat Slime Dengan Lem UHU

Lem UHU merupakan jenis lem yang biasanya dipakai untuk kain. Tapi ternyata lem UHU juga sangat baik digunakan untuk membuat slime yang kenyal. Berikut beberapa bahan dan cara membuat slime dengan menggunakan lem UHU.

Bahan:

  • 1 buah lem UHU
  • 10 sendok makan sabun cuci piring cair
  • 1/4 sendok teh pewarna makanan

Cara Pembuatan

  1. Siapkan wadah terbuka yang bersih dan masih kering
  2. Masukkan lem UHU, pewarna makanan, dan sabun cuci cair ke dalam wadah
  3. Aduk hingga tercampur rata dan terasa kenyal dan terpisah dari sabun cuci piring cair tersebut
  4. Lalu peras adonan yang sudah jadi tadi dengan menggunakan kain yang kering supaya cairan lengket dari sabun yang belum tercampur dengan slime dapat hilang
  5. Setelah itu tutup dan simpan adonan slime tadi. Sebaiknya jika slime tidak dimainkan simpanlah dalam wadah yang kering dan tertutup dengan rapat.

 

3. Membuat Slime Dengan Shampoo

Selama ini kita mengenal shampoo sebagai produk pembersih rambut saja. Namun siapa sangka bahwa shampoo juga dapat dipakai untuk membuat slime loh. Dan pembuatan slime dengan memakai shampoo ini juga tergolong mudah dilakukan untuk anak-anak. Begini caranya untuk membuat slime dari shampoo.

Artikel Terkait : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contoh Demokrasi, Wajib Kita Pelajari!!!

Bahan:

  • Air
  • Shampoo setengah sachet
  • 5 sendok makan lem fox
  • 1 sendok makan detergen bubuk
  • Pewarna makanan
  • Bedak

Cara Pembuatan

  1. Masukkan 5 sendok makan lem fox ke dalam wadah baskom kecil
  2. Lalu masukkan shampoo dan detergen ke dalam wadah tersebut
  3. Tambahkan juga pewarna makanan secukupnya. Lalu aduk hingga rata
  4. Jika slime sudah cukup kental, rendam slime tadi di dalam air selama kurang lebih 5 menit. Tapi apabila belum kental, kalian dapat menambahkan sedikit detergen bubuk lagi ke dalamnya dan aduklah hingga benar-benar kental.
  5. Tekan-tekan slime hingga terasa padat, kental, dan lengket. Jika slime yang kalian buat terlalu lengket kalian bisa menambahkan tepung atau bedak bayi agar dapat mengurangi sedikit kelengketannya.

 

Baca Juga :  Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Tertutup (Angiospermae)

4. Membuat Slime Dari Sabun Bekas

@tribunnews

Agar sabun mandi batangan bekas kalian tidak terbuang secara percuma, kalian bisa menggunakannya untuk membuat slime. Begini caranya membuat slime dari sabun batangan bekas.

Bahan:

  • Satu gelas sabung batang
  • Satu seperempat gelas air
  • Tepung terigu
  • 3 sendok makan cairan pencuci piring
  • 3 sendok makan sabun cair
  • 2-3 sendok teh pewarna makanan

Cara Pembuatan

  1. Siapkan wadah yang berukuran sedang lengkap dengan penutupnya
  2. Lalu masukkan sabun batangan, tepung terigu, cairan pencuci piring dan sabun cair ke dalam wadah tersebut
  3. Setelah itu aduk semuanya hingga rata
  4. Selanjutnya tuang air bersih ke dalam adonan tadi sambil terus diaduk hingga rata
  5. Kalau kalian rasa sudah cukup kental, kalian bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonan tadi sambil terus diaduk perlahan hingga warnanya tercampur
  6. Setelah itu tutup dan diamkan adonan slime tadi di dalam kulkas selama 10-15 menit saja

 

5. Membuat Slime Dengan Susu Cair

@duniatipskita

Selain dengan tepung tapioka, bahan alami lainnya yang aman untuk membuat slime bagi anak-anak adalah susu cair. Berikut cara pembuatan slime dengan menggunakan susu cair sebagai bahan utamanya.

Bahan:

  • 1 kotak susu cair, bisa juga dengan susu kental manis yang sudah dicairkan
  • Vanili secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya
  • 1,5 sendok makan tepung maizena

Cara Pembuatan

  1. Siapkan wadah yang sesuai, seperti baskom dan panci misalnya
  2. Masukkan susu cair tadi ke dalam panci dan panaskan hingga susu menjadi pnas tapi jangan sampai mendidih, sambil aduk-aduk tambahkan vanili secukupnya dan aduk sampai rata
  3. Lalu tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit. Biarkan hingga meletup-letup kemudian angkat dan dinginkan adonan tadi
  4. Setelah adonan dingin, kalian dapat menambahkan pewarna makanan sesuai selera pada adonan slime tadi
  5. Simpan adonan slime tersebut ke dalam wadah yang bersih dan sangat rapat, dan jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung agar adonan slime dari susu tersebut tidak rusak dan terkena bakteri.

Demikianlah cara membuat slime dari bahan yang aman untuk anak-anak. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian tentang permainan slime yang sedang ngetrend saat ini. Selamat mencoba!!!

Related posts: