5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Posted on

Di era globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan bahasa asing sudah bukan lagi menjadi hal yang baru lagi untuk sebagian masyarakat di Indonesia. Tak terkecuali dengan penggunaan bahasa Inggris, yang mana merupakan bahasa internasional di seluruh dunia.

Penting bagi kita yang hidup di jaman yang serba canggih dan modern ini untuk dapat menguasai bahasa selain bahasa utama kita bahasa Indonesia, yaitu bahasa Inggris. Mengapa demikian? Karena bahasa Inggris merupakan bahasa tertua di dunia dan bahasa Inggris juga menjadi bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia, yaitu sekitar sepertiga penduduk di bumi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan mereka sehai-hari.

Cara Menguasai Bahasa Inggris Cepat

Bahkan sebagian besar negara maju di dunia yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya dan tak sedikit juga bangsa-bangsa di dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai “second language” atau bahasa kedua mereka setelah bahasa asli bangsa mereka sendiri.

Hal ini menjadi sangat penting di masa sekarang dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang sangat maju, perkembangan era perdagangan bebas dan masih banyak hal lagi yang membuat kita harus paling tidak mengerti dasar-dasar bahasa Inggris.

Jika kita menguasai bahasa Inggris, kita akan dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang baru yang mungkin berada di luar negeri atau yang mungkin orang-orang yang berada di sekeliling kita yang berasal bukan dari negara kita. Penguasaan dalam bahasa Inggris memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita, terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini.

Artikel Terkait : Pengertian, Contoh dan Jenis-jenis Majas Lengkap

Yang mana semua informasi-informasi yang ada yang kita peroleh setiap harinya kebanyakan berasal dari luar negeri kita dan menggunakan bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Namun meskipun sudah menyadari akan betapa pentingnya bahasa Inggris, masih banyak orang yang enggan untuk belajar bahasa Inggris.

Padahal untuk mempelajari bahasa Inggris tidak lah terlalu susah dan jika kita mau benar-benar berusaha dan berlatih secara konsisten tidak lah mustahil kita akan menjadi mahir dalam berbahasa Inggris. Buat kalian nih yang masih malas dan enggan untuk belajar bahasa Inggris, di sini akan saya berikan beberapa tips agar kalian cepat belajar bahasa Inggris dengan mudah.

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

1. Rajin Dengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Salah satu cara agar kalian cepat untuk belajar bahasa Inggris yaitu adalah dengan mendengarkan lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Siapa sih di sini yang tidak suka mendengarkan musik? Terutama untuk para anak muda generasi millenial sekarang ini.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kalian semua yang ingin belajar bahasa Inggris. Jika kalian ingin cepat belajar bahasa Inggris melalui lagu, lakukanlah cara berikut ini. Dengarkanlah lagu itu dan perhatikan setiap lirik lagunya dan hafalkan perlahan-lahan, lalu carilah kosa kata yang tidak kalian mengerti artinya di dalam kamus.

Ulangi dan hafalkan lah cara ini hingga kalian benar-benar hafal mengenai apa makna dari lagu yang kalian dengarkan ini. Lakukanlah kegiatan ini hingga kalian betul-betul paham dan menguasai bahasa Inggris dengan mahir.

 

Baca Juga :  Tujuan dan Manfaat Perdagangan Internasional

2. Menonton Film Berbahasa Inggris

@kabaroke

Cara lainnya yang dapat kalian pakai untuk dapat belajar bahasa Inggris yaitu dengan menonton film yang menggunakan bahasa Inggris. Setiap orang pasti suka menonton film, meskipun dengan genre yang berbeda-beda. Nah bagi kalian yang ingin belajar bahasa Inggris kalian bisa menonton film yang menggunakan bahasa Inggris ini sebagai media kalian untuk dapat belajar bahasa Inggris.

Selain kalian mendapat hiburan kalian juga akan dapat menambah perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris kalian melalui film yang kalian tonton tersebut. Selain itu dengan intensitas waktu kalian mendengarkan percakapan bahasa Inggris dalam suatu film, secara tidak langsung hal ini bisa membuat indra pendengaran kalian menjadi peka akan kalimat-kalimat yang terucap dalam bahasa Inggris.

Sehingga hal ini akan meningkatkan pemahaman listening kalian dalam berbahasa Inggris. Bahkan kalau perlu tontonlah film berbahasa Inggris yang tidak ada subtitle atau terjemahannya. Hal itu akan membuat kalian menerka-nerka sendiri arti dari setiap kalimat yang terucap dalam film dan ini akan menjadikan rasa penasaran kalian timbul sehingga kalian mau tidak mau akan mencari tahunya melalui kamus sehingga dapat menambah perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris kalian.

 

3. Menghafal

Salah satu kunci dalam belajar bahasa Inggris yaitu dengan menghafal. Karena bahasa Inggris memiliki banyak sekali kosa kata, maka tak heran jika sebagian orang enggan dan malas untuk menghafalkannya. Padahal dengan menghafal ini menjadi salah satu cara agar kalian cepat belajar bahasa Inggris.

Kalian bisa melakukannya dengan cara membuat beberapa kosa kata dalam secarik kertas, lalu tempelkan kertas tersebut pada tempat dimana yang sering kalian lewati atau kalian lihat. Misalnya di dinding kamar kalian, sehingga setiap malam saat kalian akan tidur kalian akan membaca kosa kata tersebut dan lama kelamaan kalian akan menghafalnya.

Atau bisa juga di dalam kamar mandi sehingga saat kalian mandi kalian melihatnya dan lama kelamaan akan menghafal kosa kata tersebut. Lakukanlah hal ini secara konsisten setiap harinya, maka kalian akan dapat dengan cepat menguasai bahasa Inggris.

 

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Hidroponik dan Penjelasannya

4. Rajin Membaca

@scholastic

 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa membaca memberikan banyak sekali manfaat kepada kita, tergantung dengan bacaan apa yang sedang kita baca. Membaca juga bisa merangsang kinerja otak untuk tetap bekerja dan dapat memperkuat daya ingatan dalam otak kita.

Kalian dapat membaca buku-buku bacaan yang memakai bahasa Inggris agar kalian cepat memahami dan menghafal kosa kata bahasa Inggris. Selain itu hal ini juga dapat melatih kemampuan speaking kalian dalam berbahasa Inggris.

Artikel Terkait : 6 Langkah Budidaya Jamur Tiram Agar Sukses 100%

Dengan membaca kata demi kata dan kalimat demi kalimat dengan nada yang cukup keras, kalian akan belajar dan memahami bagaimana pengucapan kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris dengan benar. Rajin dan tekunlah membaca agar penguasaan pengetahuan kalian dalam berbahasa Inggris dapat terasah dan bertambah setiap harinya.

 

5. Menulis Dalam Bahasa Inggris

@hindustantimes

Selain membaca, menulis juga mampu untuk meningkatkan penguasaan kita dalam bahasa Inggris. Dengan menulis secara tidak langsung otak kita akan merekam setiap kata demi kata yang sedang kita tulis tersebut. Hal ini tentu saja sangat efektif untuk menambah pengetahuan kosa kata kalian dalam bahasa Inggris.

Setidaknya luangkanlah waktu kalian untuk mencoba menulis sebuah catatan, cerita, ataupun buku harian kalian dengan memakai bahasa Inggris. Dengan melakukan hal ini secara rutin kalian akan mengetahui sejauh mana kemampuan kalian dalam berbahsa Inggris dan penguasaan kosa kata kalian dalam berbahasa Inggris selama ini.

Ternyata sangat mudah dan simple bukan untuk belajar bahasa Inggris. Yang terpenting yaitu teruslah pupuk semangat dan niat kalian dalam belajar bahasa Inggris sampai kaian benar-benar mahir dalam berbahasa Inggris.

Related posts: