4 Langkah Mudah Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Posted on

Siapa disini yang tidak mengetahui alat musik petik yang satu ini. Belajar untuk bermain gitar memang terkadang susah susah gampang ya untuk dilakukan. Terkadang ada orang yang mempunyai bakat dalam bermain gitar sehingga akan cukup mudah dalam belajar gitar. Tapi ada juga orang yang kurang berbakat dalam bermain gitar sehingga saat belajar untuk bermain gitar akan sangat sulit untuk bisa menguasainya.

Kunci Dasar Gitar

Tapi tenang jangan mudah putus asa dulu. Kalian bisa belajar gitar secara otodidiak maupun melalui kursus. Yang mana sebelum ingin belajar bermain gitar, semuanya haruslah diawali dengan niat kalian terlebih dahulu. Mantapkan niat kalian untuk benar-benar belajar gitar secara serius dan tidak main-main agar kalian bisa dengan cepat menguasai alat musik petik ini.

Artikel Terkait : 3 Fakta Tersembunyi Dibalik Keruntuhan Kerajaan Majapahit

Belajar bermain gitar memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang ekstra. Kita harus belajar untuk telaten dan sabar dalam belajar gitar, karena semuanya membutuhkan proses yang tidak instan. Untuk kalian nih yang masih pemula dan ingin belajar bermain gitar tapi bingung harus mulai dari mana terlebih dahulu, tenang saja jangan khawatir. Disini akan saya berikan tips dan penjelasan tentang bagaimana cara untuk belajar bermain gitar bagi kalian para pemula yang ingin belajar bermain gitar.

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula

@hipwee

1. Belajar Kunci Dasar Dalam Gitar
Pada alat musik gitar pada umumnya terdapat 6 (enam) senar atau dawai, yang di awali dari senar yang berada di bagian paling bawah atau yang paling kecil hingga senar yang paling atas atau yang paling besar.Pada gitar akustik maupun gitar elektrik keduanya memiliki nada yang sama di setiap petikan senarnya. Yang menjadi salah satu perbedaan antara gitar akustik dan gitar elektrik yaitu adalah pada tuningnya. Berikut ini masing-masing nada yang dapat di hasilkan oleh masing-masing senar yang ada pada gitar:

  • Senar 1 (senar yang berada paling bawah) menghasilkan nada E’ => 1 : E’
  • Senar 2 menghasilkan nada B => 2 : B
  • Senar 3 menghasilkan nada G => 3 : G
  • Senar 4 menghasilkan nada D => 4 : D
  • Senar 5 menghasilkan nada A => 5 :A
  • Senar 6 (senar yang berada paling atas) menghasilkan nada E => 6 : E
Baca Juga :  Penjelasan Sistem Pendukung Keputusan

Di dalam kunci-kunci gitar tersebut nantinya akan dibagi menjadi dua, yaitu kunci dasar atau kunci biasa dan kunci dasar gitar minor. Tapi di sini kunci yang paling utama yaitu adalah C Mayor, A Mayor, G Mayor, E Mayor, dan D Mayor.

Kunci Dasar Gitar

  • Kunci dasar C
    Kunci dasar C dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:
  • Kunci dasar D
    Kunci dasar D dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:
  • Kunci dasar E
    Kunci dasar E dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:
  • Kunci dasar F
    Kunci dasar F dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:
  • Kunci dasar G
    Kunci dasar G dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:
  • Kunci dasar A
    Kunci dasar A dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:
  • Kunci dasar Dm
    Kunci dasar Dm dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:
  • Kunci dasar Em
    Kunci dasar Em dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:
  • Kunci dasar Am
    Kunci dasar Am dapat kalian lihat seperti pada gambar berikut:

Pada masing-masing senar mempunyai nada-nada yang berbeda dan tidak sama, hal ini tergantung pada fret mana yang akan kalian tekan. Adapun di sini yang di maksud dengan fret itu adalah kolom-kolom yang ada di dalam gitar dan terpisah dengan besi yang ada pada lengan gitar.

Namun tetap yang menjadi hal paling utama dalam mempelajari kunci dasar gitar ini ialah kalian harus rajin dan konsisten dalam berlatih. Jika kalian dapat rajin dan konsisten serta tidak mudah menyerah dalam mempelajari kunci dasar yang ada dalam gitar maka bukan tidak mungkin kalau kalian akan dengan mudah dan dapat dengan cepat menguasai cara bermain gitar ini.

Baca Juga :  Gambar Rumah Adat Batak Toba (Ciri, Makna dan Filosofi)

2. Belajar Menyetem Chord Gitar

@slashkygitaris

Setelah kalian sudah cukup mahir dan cukup menguasai dalam kunci-kunci dasar gitar, hal berikutnya yang dapat kalian lakukan dalam belajar gitar yaitu adalah menyetem kunci gitar. Di dalam menyetem kunci gitar kita harus tahu mengenai suara-suara nada apakah sudah pas atau belum nadanya.

Bagian menyetem kunci gitar ini menjadi bagian yang sangat sulit terutama bagi kalian yang baru pertama kali belajar bermain gitar. Terdapat berbagai cara dalam menyetem gitar yang dapat kalian lakukan, yaitu sebagai berikut:

  • Cara Menyetem Gitar Secara Manual. Cara menyetem gitar secara manual ini dapat dengan mudah d iakukan tapi seringkali juga menimbulkan kebingungan bagi para pemula. Karena dengan menyetem gitar manual kita harus benar-benar memfokuskan indra pendengaran dan kepekaan kita terhadap nada yang dihasilkan yang dapat menentukan sudah sesuai atau belum nadanya.
  • Cara Menyetem Gitar Dengan Tuning Standar. Menyetem gitar dengan memakai tuning standar ini dapat di praktekkan secara langsung lewat lagu-lagu yang sudah kita dengar. Dalam hal ini temukan dan dengarkanlah lagu yang intro atau bagian permulaannya di awali dari chord E. Sebab melalui chord ini kita dapat mengerti bunyi nada E meskipun tidak di petik senar gitarnya.
  • Cara Menyetem Gitar Dengan Memakai Instrumen Lain. Cara menyetem gitar yang satu ini pada umumnya dapat kita lakukan jika sudah memasuki dalam studio. Terkadang setelan gitar kita berbeda dengan setelan yang ada pada instrument atau alat musik yang lain. Agar setelan gitar kita bisa menyesuaikan dengan instrumen yang lain yaitu caranya adalah dengan menyetem nya melalui salah satu instrumen yang ada, misalnya keyboard.
Baca Juga :  6 Rukun Iman Pengertian Makna Penjelasan

3. Melatih Memori Otot Tangan

@moondoggiesmusic

Setelah kalian cukup mahir dalam memainkan kunci gitar dan menyetem gitar, hal selanjutnya yang dapat kalian lakukan yaitu adalah dengan melatih memori otot tangan kalian. Hal ini dapat kalian lakukan dengan membiasakan untuk berlatih secara terus menerus agar tangan kalian sudah terbiasa dengan letak senar dan fret pada gitar.

Artikel Terkait : Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Cobalah untuk berkonsentrasi dalam memainkan sebuah lagu tanpa melihat senarnya dan lakukanlah hal ini secara berulang agar kalian mulai hafal letak senar dan fretnya.

4. Awali Dengan Satu Lagu

 

Setelah kalian merasa cukup terbiasa dalam memetik kunci-kunci gitar, kalian dapat mengawali nya dengan berlatih memainkan satu buah lagu yang menjadi favoritmu.

Fokuslah terhadap satu lagu tersebut sampai kalian bisa benar-benar menguasainya. Setelah benar-benar menguasai kalian boleh untuk belajar memainkan lagu yang lainnya.

Itulah tadi tips dan cara dalam belajar bermain gitar. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua yang ingin belajar bermain gitar. Yang terpenting jangan mudah menyerah dan putus asa dalam belajar bermain gitar, tetaplah semangat dan berusaha hingga kalian benar-benar bisa bermain gitar.

Related posts: