10 Tradisi Idul Fitri Di Arab Saudi [+Gambar]

Posted on

Idul Fitri merupakan salah satu hari raya besar bagi umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Yang mana tentu saja setiap umat Muslim yang ada di berbagai penjuru dunia dan berbagai belahan bumi ini akan merayakan hari raya Idul fitri ini dengan tradisi dan cara yang berbeda-beda.

Sebab meskipun merupakan hari raya besar keagamaan, namun perayaan Idul Fitri ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh tradisi-tradisi yang berkembang dan hidup pada masyarakat yang ada di suatu daerah tersebut. Yang mana biasanya tradisi-tradisi tersebut telah ada sejak lama dan telah berkembang sejak jaman dahulu yang dilakukan secara turun temurun hingga sampai sekarang ini.

Oleh sebab itulah tradisi perayaan Idul Fitri yang ada di tiap wilayah atau negara pasti berbeda-beda. Berbicara mengenai tradisi dalam perayaan Idul Fitri, tahukah kalian bahwa negara Arab juga memiliki keunikan tersendiri dalam tradisi perayaan Idul Fitri. Seperti yang kalian semua ketahui bahwa Arab merupakan salah satu negara Islam terbesar di dunia.

Sebab disinilah agama Islam pertama kali diturunkan dan dilahirkan. Dan di negara ini juga terdapat tempat-tempat yang suci bagi kaum Muslim di seluruh dunia, diantaranya yaitu seperti Makkah dan Madinah. Sehingga tak heran jika sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbanyak ini mempunyai sebuah tradisi khusus yang dilakukan ketika hari raya Idul Fitri tiba. Yang tentu saja tradisi Idul Fitri yang ada di Arab sangat berbeda dengan tradisi Idul Fitri yang ada di Indonesia.

Mau tahu apa saja tradisi Idul Fitri yang ada di negeri Arab? Berikut ini akan saya berikan informasinya bagi kalian semua yang ingin tahu tentang tradisi Idul Fitri yang ada di Arab.

Tradisi Idul Fitri Di Arab

1. Mudik

@wartapilihan

Bagi rakyat Indonesia salah satu tradisi Idul Fitri yang tak boleh dilewatkan yaitu adalah Mudik. Mudik merupakan perjalanan pulang kampung yang dilakukan secara besar-besaran pada saat menjelang hari raya Idul Fitri di Indonesia. Yang mana hal tersebut sangat lumrah dan wajar sekali bagi warga Indonesia.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Drama Korea Tentang Cinta Segitiga Terbaik

Namun tidak begitu halnya dengan yang terjadi di Arab. Di Arab tidak ada yang namanya tradisi mudik atau pulang kampung ini pada saat menjelang lebaran. Dan juga pada saat Idul Fitri jalanan di kota-kota pun juga tampak lengang tidak seramai di Indonesia.

Dan jika ingin bepergian ke luar kota atau pulang ke kampung halaman bagi para perantau di Arab biasanya mereka melakukannya di hari pertama Idul Fitri, bukan di jauh-jauh hari sebelum Idul Fitri seperti di Indonesia.

2. Angpau Lebaran

@tokopedia

Ternyata tradisi untuk memberikan angpau atau salam tempel saat Idul Fitri ini tak hanya ada di Indonesia saja, namun juga menjadi tradisi di Arab. Di Arab angpau lebaran ini disebut dengan Eidiyah. Biasanya eidiyah atau angpau lebaran ini diberikan oleh orang tua kepada anak-anaknya sebagai penghargaan dan rasa terima kasih karena mereka telah mampu berpuasa selama satu bulan penuh.

3. Pakaian Baru

@wowkeren

Sama seperti di Indonesia, orang-orang Arab juga suka untuk berbelanja pakaian baru sebelum merayakan Idul Fitri. Sebelum hari Idul Fitri tiba biasanya pusat perbelanjaan dan toko-toko akan ramai oleh pengunjung yang akan membeli pakaian baru dan perlengkapan untuk Idul Fitri.

Biasanya baju lebaran yang umumnya dipakai oleh orang Arab yaitu merupakan jubah putih yang digunakan saat shalat ied. Dan bagi yang tidak membeli baju baru maka biasanya mereka akan mencuci baju lebaran mereka yang lama dan juga membawanya ke tukang jahit untuk di permak atau dimodifikasi agar tampak seperti baru lagi.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Tentang Persahabatan, Mengerti Arti Sahabat!

4. Kembang Api

@kaskus

Setiap kali menjelang lebaran pasti sudah terdengar suara kembang api dan petasan di mana-mana. Hal ini pun juga sama dengan yang terjadi di Arab. Dimana untuk menyambut hari kemenangan yang penuh berkah ini biasanya orang Arab akan menyalakan kembang api maupun petasan untuk menambah kemeriahan perayaan Idul Fitri.

5. Malam Takbiran

@abiummi

Malam takbiran adalah malam sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Dimana di malam takbiran ini seluruh umat Muslim akan beramai-ramai untuk pergi ke masjid atau mushola untuk mengumandangkan takbir. Di Indonesia biasanya juga akan dilakukan takbir keliling dengan membawa bedug atau diiringi dengan suara tabuhan bedug.

Namun hal ini tak terjadi di Arab. Dimana malam takbiran di Arab tidak semeriah seperti malam takbiran di Indonesia. Sebab malam takbiran di Arab mereka hanya mengumandangkan suara takbir saja tanpa disertai dengan pukulan bedug atau pun iringan alat musik lainnya.

6. Parcel

@idntimes

Tradisi selanjutnya yang umum dijumpai saat lebaran tiba yaitu adalah parcel atau bingkisan lebaran. Dimana biasanya menjelang lebaran banyak umat Muslim akan saling memberikan bingkisan lebaran atau parcel ini kepada kerabat, keluarga, tetangga, dan orang terdekat lain.

Di Arab pun juga demikian, mereka juga memberikan parcel atau bingkisan lebaran ini kepada orang-orang terdekat mereka. Namun parcel orang Arab tidak sama dengan parcelnya orang Indonesia. Parcel orang Arab isinya biasanya tak lebih drai 3 macam jenis bingkisan saja. Biasanya yaitu adalah kue, permen, dan parfum, serta dengan kartu ucapan selamat Idul Fitri di dalamnya.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Rumah Sehat untuk Keluarga Kita

7. Sajian Idul Fitri

@dream

Di Arab saat Idul Fitri mereka akan menyediakan sajian makanan terbaik nya bagi para tamu, seperti di Indonesia. Yang membedakan hanyalah makanannya saja. Yang mana biasanya sajian hidangan wajib yang harus ada di tiap rumah di Arab pada saat lebaran yaitu adalah seperti cokelat, kurma, serta makanan-makanan manis lainnya.

8. Halal Bi Halal

@idntimes

Tradisi halal bi halal di Arab biasanya dilakukan hanya kepada keluarga dekat saja dan juga kepada kerabat terdekat saja. Yang mana biasanya dilakukan pada malam hari mereka akan saling berkumpul biasanya di tempat keluarga tertua. Sambil menikmati hidangan Idul Fitri mereka akan saling bermaaf-maafan dan merayakan hari Idul Fitri dengan bahagia.

9. Bersedekah

@mediamaklumat

Tradisi lebaran yang ada di Arab yang tak ada di Indonesia yaitu adalah bersedekah. Pada saat hari raya Idul Fitri, biasanya para pria di Arab akan membeli sejumlah bahan-bahan pokok dalam jumlah yang banyak. Setelah itu mereka akan membagi-bagikannya kepada kaum dhuafa yang kurang mampu.

10. Membagikan Hadiah

@internasional.kompas

Di Arab juga ada tradisi yang rutin dilakukan saat Idul Fitri, yaitu memberikan hadiah. Biasanya para orang tua akan memberikan bingkisan kado kepada anak-anaknya sebagai hadiah atau kado karena mereka telah mampu berpuasa penuh. Bahkan banyak juga orang-orang yang turun ke jalan-jalan untuk membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak.

tradisi adat lebaran di saudi
Related posts: