10 Rekomendasi Takjil Buka Puasa pada Bulan Ramadhan

Posted on

Memasuki bulan puasa tentunya seluruh umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Dan pada saat berpuasa tentu saja saat-saat di sore hari menjelang maghrib atau menjelang waktu berbuka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Selain sebagai rasa syukur setelah selama seharian penuh menahan seluruh hal yang bisa membatalkan puasa, maka waktu inilah yang menjadi waktu yang tepat untuk mengisi perut supaya tubuh kembali mendapatkan energi yang hilang karena berpuasa selama seharian penuh, dan juga supaya tubuh tetap berada dalam kondisi yang sehat.

Untuk berbuka puasa pun disunnahkan untuk memakan atau meminum yang manis-manis terlebih dahulu. Biasanya sebelum berbuka puasa maka orang-orang banyak yang mengkonsumsi takjil. Takjil inilah yang biasanya menjadi pilihan untuk membatalkan puasa sebelum memakan makanan yang berat seperti nasi dan lauk pauknya.

Sehingga tak heran jika saat bulan puasa banyak kita jumpai para penjual takjil di pinngir jalan yang selalu ramai di waktu sore hari menjelang maghrib. Menu takjil pun beragam sekali, biasanya merupakan menu makanan ringan dan minuman yang manis dan menyegarkan. Nah bagi kalian semua yang disini sedang mencari referensi untuk menu takjil, berikut akan saya berikan beberapa rekomendasi menu takjil yang cocok dikonsumsi di bulan puasa.

10 Rekomendasi menu Takjil

1. Es Pisang Ijo

@id.tastemade.

Es pisang ijo ini merupakan salah satu kuliner khas dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Yang mana biasanya es pisang ijo ini banyak dijual oleh para penjual takjil di bulan puasa. Es pisang ijo ini terdiri dari buah pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau disertai dengan saus kental.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Drone Terbaik

Lalu tentu saja tak lupa ditambahkan es batu yang semakin menambah rasa segar dari es pisang ijo ini. Es pisang ijo ini menjadi salah satu menu takjil favorit banyak orang, sehingga layak untuk dicoba pada saat menjelang berbuka puasa.

2. Kolak Es

@sawitmerah

Siapa yang tak kenal kolak disini. Kolak selalu identik menjadi menu takjil yang disipakan untuk berbuka puasa. Banyak orang yang menyukai kolak ini sebagai salah satu pilihan menu takjil untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis serta khas ini memang membuat siapa saja yang menyantapnya pasti akan menjadi ketagihan dan selalu ingin lagi untuk menyantapnya.

Kolak biasanya dibuat dengan kuah khas yang berwarna coklat dengan rasanya yang cukup manis. Dan di dalamnya biasanya ada isian berupa pisang dan ubi jalar, atau bisa juga ditambahkan isian lain sesuai dengan selera. Jangan lupa juga untuk menambahkan es batu ke dalamnya agar kolak menjadi terasa lebih segar dan lebih nikmat saat dikonsumsi sebagai takjil buka puasa.

3. Es Cincau

@femme

Menu selanjutnya yang juga pasti banyak d jual sebagai takjil pada saat bulan puasa yaitu adalah es cincau. Hal ini karena es cincau ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, sehingga sangat pas dan cocok sekali untuk digunakan sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Cincau yang ada di dalam es cincau ini ternyata selain enak rasanya juga sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama di bulan puasa seperti ini. Oleh sebab itulah tak heran mengapa banyak orang yang juga menyukai es cincau ini untuk dijadikan sebagai takjil berbuka puasa.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik dan Murah dibawah 50ribu

4. Es Oyen

@industry

Es Oyen merupakan salah satu minuman khas dari Bandung, Jawa Barat. Yang mana es oyen ini biasanya juga dijadikan sebagai salah satu pilihan menu sebagai takjil untuk berbuka puasa. Di dalam es oyen ini terdapat campuran beberapa buah-buahan seperti alpukat, kelapa muda, nangka, durian, pacar muda, dan beberapa buah-buahan lainnya sesuai dengan selera.

Kemudian ditambahkan dengan susu kental manis yang tentunya akan menambah rasa manis pada es oyen ini, dan juga tambahan sedikit sirup untuk memberinya rasa, dan tak lupa es batu yang akan menjadikan es oyen menjadi terasa semakin segar.

Buah-buahan yang ada di dalam es oyen ini sangat bagus sekali untuk menggantikan vitamin dan juga memberikan serta kepada tubuh setelah seharian berpuasa.

5. Es Kacang Merah

@kupang.tribunnews

Jika kalian biasanya menjumpai kacang merah ini di dalam sebuah soup, namun siapa sangka jika kacang merah ini juga bisa ditambahkan ke dalam sebuah minuman es dingin yang menyegarkan.

Es kacang merah ini akan terasa lebih nikmat dengan adanya tambahan sirup dan susu di dalamnya, yang tentunya akan membuatnya menjadi terasa segar untuk dikonsumsi setelah seharian menahan rasa haus saat berpuasa.

6. Es Cendol

@catering.puncak

Menu takjil yang recommended selanjutnya yaitu adalah es cendol. Minuman es khas dari Jawa Barat ini juga sering kali dijadikan pilihan banyak orang untuk menu takjil pada saat berbuka puasa.

Yang mana es cendol ini memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga akan sangat cocok sekali untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Terlebih lagi setelah seharian menahan rasa haus, maka es cendol ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa dahaga tersebut.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Softlens Yang Bagus

7. Es Blewah

@youtube

Menu selanjutnya yang juga tak boleh ketinggalan untuk dikonsumsi sebagai takjil saat puasa yaitu adalah es blewah. Es blewah tentu sudah tak asing lagi bagi kalian semua, sebab jika bulan puasa datang es blewah ini sering dijadikan sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Cukup dengan ditambahkan sedikit sirup dan es batu, maka es blewah ini akan mengobati rasa haus dan dahaga kalian setelah seharian penuh menahan rasa haus dan lapar.

8. Sop Buah

@food.detik

Menu takjil yang kaya akan buah-buahan yang baik bagi tubuh yaitu adalah sop buah. Sop buah ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan di dalamnya yaitu seperti melon, anggur, kiwi, strawberry, dan buah naga yang diberi sedikit yoghurt dan es batu di dalamnya. Akan sangat cocok sekali untuk menghilangkan rasa dahaga kalian setelah seharian berpuasa.

9. Es Selendang Mayang

@twitter

Kuliner khas ibukota ini juga bisa menjadi salah satu pilihan menu takjil untuk berbuka puasa. Es selendang mayang ini terbuat dari bahan dasar tepung hunkuwe yang dicampur dengan air dan sagu tani.

10. Es Kelapa Muda

@manadolarku

Kelapa muda memang terasa sangat segar sekali airnya. Apalagi jika ditambah dengan sedikit sirup dan sedikit es batu, maka akan sangat cocok sekali untuk menjadi menu andalan penghilang dahaga di saat bulan puasa.

Related posts: