10 Rekomendasi Menu Saat Sahur pada Bulan Ramadhan

Posted on

Bulan puasa akan datang sebentar lagi. Hanya dalam hitungan beberapa hari lagi seluruh umat Muslim di dunia akan segera melakukan ibadah mereka di bulan Ramadhan, yaitu adalah berpuasa. Sahur akan menjadi momen pertama yang akan paling ditunggu-tunggu oleh banyak umat Muslim di seluruh dunia.

Sebab sahur ini akan menjadi momentum awal yang akan mengawali puasa Ramadhan di tahun ini. Oleh sebab itu banyak orang yang tak ingin melewatkan momen sahur pertama di bulan Ramadhan ini. Namun yang paling terpenting yaitu adalah untuk selalu memilih menu makanan sahur yang sehat dan mengandung gizi yang cukup bagi tubuh.

Sebab tubuh kita akan berpuasa dari makanan dan minuman selama kurang lebih selama 12 jam lamanya. Oleh sebab itulah memilih menu sahur ini juga sangat penting sekali untuk diperhatikan. Agar kalian nantinya bisa menjalani ibadah puasa selama seharian penuh dengan keadaan tubuh yang sehat dan tidak lemas, sehingga kalian pun bisa tetap terus bersemangat untuk menjalani ibadah puasa.

Menu sahur yang baik setidaknya mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak yang sehat, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa. Lalu kira-kira menu apa saja ya yang pas dan cocok digunakan sebagai santap sahur? Berikut ini akan saya berikan beberapa pilihan menu yang baik dan menyehatkan untuk menjadi santapan sahur kalian.

10 Menu Sehat Sahur

1. Kurma

@tribunnews

Yang pertama tentu saja kurma. Kurma merupakan salah satu jenis buah atau makanan yang paling sering disebutkan di dalam Al-Qur’an dan juga menjadi sunnah bagi para Rasul. Meskipun kurma ini tidak menjadi sebuah makanan utama yang disantap pada saat sahur, namun tak ada salahnya juga untuk mengkonsumsi kurma ini sebelum menyantap menu utama pada saat sahur.

Baca Juga :  10 REKOMENDASI MERK PARFUM PRIA

Sebab sebutir kurma memiliki beberapa macam kandungan nutrisi di dalamnya yang bisa menambah energi kalian pada saat sedang berpuasa. Selain itu kandungan gula alami yang ada di dalam kurma juga tidak akan menyebabkan tubuh menjadi kegemukan atau bertamabah berat badan, sebab kandungan gula alami yang ada di dalam Kurma akan bisa menjadi pengganti energi bagi tubuh yang kehilangan energi saat seharian berpuasa.

2. Sandwich

@delish

Buat kalian nih yang mungkin bosan dengan menu sahur yang itu-itu aja dan ingin mencoba makanan orang Barat atau makanan western untuk menu santap sahur tak ada salahnya untuk mencobanya. Kalian bisa memilih untuk membuat sandwich yang terbuat dari roti gandum dengan isian telur mata sapi setengah matang di dalamnya dan tambahan abon.

Meskipun tidak memakan nasi, namun dijamin kalian akan langsung merasa kenyang setelah memakan sandwich ini. Dan energi yang dihasilkan oleh sandwich ini pun juga tak kalah banyaknya dengan energi yang ada pada semangkuk nasi. Kandungan karbohidrat kompleks serta serat yang ada pada roti gandum ini yang akan membuat kalian merasa kenyang lebih lama dan tidak cepat merasa lapar saat berpuasa.

3. Oatmeal

@fitfoodiefinds

Sedangkan buat kalian yang mungkin sedang menjalani program diet, kalian bisa memilih menu santap sahur yang aman dan cocok bagi orang diet yaitu adalah oatmeal. Kalian bisa mengganti nasi dengan oatmeal yang diberi tambahan topping berupa buah berry dan buah pisang yang sangat menyehatkan. Selain itu menu makanan sahur ini juga akan bisa membuat perut kenyang lebih lama dan tak terasa cepat lapar, meskipun tidak mengkonsumsi nasi.

4. Sarden

@harnas

Lalu untuk kalian yang mungkin tak punya waktu banyak untuk menyiapkan menu sahur, kalian bisa mencoba menu sarden kalengan. Yang mana pastinya akan sangat praktis sekali untuk menyiapkannya. Kalian bisa menyantap sarden kalengan ini dengan ditemani nasi merah sebagai makanan sehat saat sahur.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Susu Peninggi Badan Terbaik

Sedikit tips nih, saat memasak sarden kalengan ini sebaiknya tambahkan sedikit cacahan bawang putih dan tomat segar supaya baunya tidak terlalu amis pada saat dimakan.

5. Ubi Manis Dan Yoghurt

@hiburan.dreamers

Menu praktis lainnya bagi kalian yang tidak punya banyak waktu untuk menyaipakan menu santap sahur yaitu adalah ubi manis dan yoghurt. Ya buat kalian semua yang bangun kesiangan dan tidak sempat memasak makanan sahur, kalian bisa membuat ubi manis panggang ini.

Yang mana ubi manis panggang ini dapat bertahan hingga 5 hari. Sehingga kalain hanya perlu memanasinya sebentar dan setelah itu kalian dapat menambahkan yoghurt diatasnya beserta dengan sirup maple dan beberapa potongan kacang diatasnya. Dijamin kalian akan langsung merasa kenyang dan tak akan cepat lapar lagi.

6. Orek Tempe

@masakapahariini

Pilihan menu sahur selanjutnya yaitu adalah orek tempe. Olahan orek tempe yang terasa pedas manis ini sangat cocok sekali untuk dimakan bersama dengan sepiring nasi putih hangat dan sebutir telur rebus. Tentunya akan semakin menambah selera makan kalian pada saat sahur.

7. Nasi Goreng

@wartabatavia

Buat kalian yang ingin makan yang agak sedikit berat saat sahur, kalian bisa menyantap nasi goreng. Namun jangan lupa untuk menambahkan beberapa sayuran hijau, telur goreng, dan beberapa suiran ayam di dalamnya. Supaya lebih terasa nikmat dan dapat menambah nilai gizi yang ada di dalamnya.

Sehingga dengan demikian maka kalian akan mendapatkan gizi yang lengkap dari makanan sahur kalian, tak hanya kandungan karbohidrat saja yang berasal dari nasi melainkan juga kandungan protein dan vitamin yang berasal dari telur, ayam, dan beberapa sayuran lainnya seperti sawi hijau, daun bawang, dan tomat serta mentimun sebagai lalapan.

Baca Juga :  12 Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan di Industri 4.0

8. Sayur Sop

@cookpad

Salah satu menu santap sahur yang menyehatkan yaitu adalah sayur sop. Sebab di dalam sayur sop ini kalian akan memperoleh kandungan karbohidrat, protein, dan vitamin yang cukup bagi tubuh untuk menggantikan energi selama seharian berpuasa.

Kalian bisa memilih sayuran apa saja yang akan kalian buat dalam sayur sop ini. Diantaranya yaitu adalah seperti wortel, kentang, buncis, kol, tomat, serta sedikit suiran ayam atau bisa juga dengan sosis maupun telur puyuh.

9. Tumis Sayuran

@qraved

Buat kalian yang tetap ingin makan sayuran namun tak suka yang berkuah, maka kalian bisa membuat tumis sayuran ini sebagai pilihan menu santap sahur yang menyehatkan. Jenis sayuran yang biasanya dijadikan tumisan yaitu adalah seperti tauge, kangkung, wortel, dan dengan tambahan sedikit tahu sesuai selera masing-masing.

10. Air Putih

@tokopuas

Yang terakhir tentu saja tak lupa yaitu adalah air putih. Pada saat sahur wajib hukumnya untuk minum minimal 2 gelas air putih. Sebab hal ini bertujuan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi pada saat berpuasa selama seharian. Dan lebih baik untuk konsumsi air putih saja dibandingkan kopi atau teh saat sahur yang akan menyebabkan lebih cepat haus.

Related posts: