10 Rekomendasi Menu Buka Puasa Pada Keutamaan Bulan Ramadhan

Posted on

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu dari kelima rukun iman Islam. Yang mana puasa di bulan Ramadhan ini wajib sifatnya untuk dikerjakan oleh seluruh umat Muslim yang telah dewasa dan yang tidak memiliki halangan untuk melakukannya.

Yang mana dalam berpuasa di bulan suci Ramadhan ini, umat Muslim tidak diperbolehkan untuk makan dan minum mulai dari terbit matahari hingga matahari terbenam. Oleh sebab itulah menjaga kesehatan selama berpuasa di bulan Ramadhan ini sangat penting sekali untuk dilakukan, supaya tubuh tetap dalam kondisi keadaan sehat dan tak kekurangan asupan gizi selama berpuasa.

Selain dengan melakukan olahraga yang ringan dan juga mengatur pola istirahat yang cukup, kalian yang sedang berpuasa sebaiknya juga harus selalu memperhatikan setiap makanan maupun minuman yang kalian konsumsi pada saat berbuka puasa dan sahur selama berpuasa di bulan Ramadhan ini. Sebab menu berbuka puasa dan sahur ini akan dapat mempengaruhi kinerja organ-organ di dalam tubuh kita selama sedang berpuasa selama seharian penuh.

Oleh sebab itulah kalian harus benar-benar memilih untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya yang dapat menunjang aktivitas puasa kalian selama seharian penuh. Nah untuk itulah disini akan saya berikan beberapa rekomendasi menu berbuka puasa yang baik dan bagus dikonsumsi selama berpuasa.

10 Rekomendasi Menu Buka Puasa

1. Kurma

@jambi.tribunnews.

Kurma merupakan menu wajib yang harus selalu ada saat berbuka puasa. Sebab jika sudah tiba waktunya berbuka, lebih baik kalian tidak mengkonsumsi makanan yang berat terlebih dahulu. Dan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan ringan yang manis seperti kurma ini.

Kurma memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya sehingga secara tidak langsung buah kurma ini bisa menjadi sebuah suplemen alami bagi kalian yang menderita anemia atau kekurangan darah. Selain itu di dalam Kurma ini juga terdapat kandungan gula alami yang sangat bermanfaat sekali untuk mengembalikan atau memulihkan kembali energi kalian yang hilang selama berpuasa seharian penuh.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Oleh sebab itulah para nabi juga menganjurkan untuk menyantap kurma terlebih dahulu saat berbuka puasa sebelum akan menyantap makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya.

2. Sup

@dlife

Menu makanan lainnya yang juga bisa menjadi alternatif saat berbuka puasa yaitu adalah sup. Sup yang dimasak hangat ini dapat menenangkan kondisi perut yang mungkin mengalami masalah setelah berpuasa selama satu hari penuh.

Kalian bisa membuat sup ayam yang sederhana sebagai salah satu pilihan alternatif untuk menu berbuka puasa. Ayam akan dapat memberikan asupan protein kepada tubuh yang kemudian akan diolah untuk menjadi energi di dalam tubuh, sehingga bisa menggantikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

Selain itu kalian juga dapat membuat sup dengan beraneka sayuran hijau di dalamnya seperti wortel, sawi, kembang kol, dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya. Yang mana sayur-sayuran hijau ini sangat baik sekali bagi tubuh karena mengandung banyak zat dan vitamin yang berguna dan bermanfaat bagi tubuh.

3. Nasi Merah

@berrykitchen

Bagi kalian yang tetap ingin memiliki tubuh yang ideal selama berpuasa dan tidak ingin berat badannya naik karena berpuasa, maka kalian bisa mengganti menu buka puasa kalian yang biasanya adalah nasi putih dengan nasi merah. Mengapa harus nasi merah? Karena di dalam nasi merah ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang sangat baik sekali bagi tubuh kita.

Dan selain itu juga kandungan kalori yang ada di dalam nasi merah ini tidak sebanyak yang ada di dalam nasi putih. Sehingga dengan demikian maka nasi merah tidak akan menyebabkan lemak menjadi lebih banyak di dalam tubuh. Oleh sebab itulah mengapa nasi merah ini menjadi salah satu pilihan bagi para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Pelembab Wajah Pria Yang Bagus

4. Ayam Panggang/Rebus

@selerasa

Ayam selain bisa diolah menjadi sup, juga dapat diolah dengan cara dipanggang ataupun direbus. Namun lebih baik hindari untuk memasak ayam dengan cara digoreng untuk menu berbuka puasa.

Dan juga lebih baik saat akan mengolah ayam maka buang bagian kulit ayam terlebih dahulu sebelum akan diolah, sebab kulit ayam ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi di dalamnya. Lebih baik panggang atau rebus ayam untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa yang sehat.

5. Tumis Sayuran

@dapurkobe

Sayur-sayuran merupakan salah satu menu paling baik yang bisa kalian pilih sebagai menu berbuka puasa. Yang mana kalian bisa memasak atau mengolah sayuran dengan cara menumisnya. Beberapa jenis sayuran yang bisa diolah dengan cara ditumis yaitu adalah seperti kangkung, sawi, tauge, dan bayam.

Kalian bisa menumis sayuran tersebut dengan tambahan beberapa bumbu yang sederhana seperti garam, merica, bawang merah, dan bawang putih. Dan sebaiknya saat menumis sayuran gunakan olive oil saja dari pada menggunakan minyak goreng.

6. Daging Panggang

@lifestyle.okezone

Buat kalian yang mungkin bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja, kalian bisa mencoba menu baru seperti daging panggang. Tapi sebelum akan dipanggang pastikan bahwa seluruh lemak dan kulit yang ada di dalam daging tersebut telah disingkirkan.

Dan sebagai menu buka puasa yang sehat maka pilihlah daging sapi tanpa lemak. Lalu kalian tinggal panggang daging sapi tersebut seperti steak. Jangan panggang daging dengan menggunakan margarin atau mentega, tapi pangganglah daging dengan menggunakan olive oil.

7. Ikan Bakar

@angsarap

Menu lainnya yang juga dapat kalian pilih sebagai menu alternatif untuk berbuka puasa yaitu adalah ikan bakar. Ikan memiliki kandungan lemak yang sangat rendah sekali di dalamnya. Sehingga hal ini sangat baik sekali bagi kalian yang sedang diet saat sedang berpuasa.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Bedak Untuk Kulit Kering

Kalian bisa memilih ikan seperti gurami, kakap, maupun ikan mas. Dan untuk membakarnya sebaiknya gunakan olive oil sebagai pengganti mentega. Untuk bumbunya sebaiknya gunakan cabai, jeruk nipis, merica, serta sedikit kecap manis. Dan jangan bakar ikan hingga gosong, karena daging ikan yang gosong justru bisa menyebabkan resiko kanker.

8. Steak Tempe

@jadiberita

Tempe juga memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh, sehingga juga bisa menjadi salah satu pilihan sebagai menu berbuka puasa. Kalian bisa mengolah tempe ini menjadi sebuah steak tempe yang dihidangkan dengan tambahan seperti irisan wortel, buncis, dan juga beberapa sayuran untuk menambah kandungan gizinya.

9. Es Blewah

@beritagar

Untuk minumnya, kalian bisa membuat es blewah yang segar saat berbuka puasa. Yang mana kalian bisa membuat es blewah ini dari blewah asli dan juga dengan tambahan sedikit sirup agar memiliki rasa.

10. Es Oyen

@industry

Kalian juga bisa menjadikan es oyen sebagai salah satu hidangan saat berbuka puasa. Karena es oyen ini memiliki banyak campuran buah di dalamnya seperti alpukat, nangka, durian, dan kelapa muda yang sangat baik sekali bagi tubuh.

Related posts: