10 Rekomendasi Film Kartun Anak Yang Mendidik [Update 2019]

Posted on

Film kartun untuk anak kini sudah semakin banyak jenisnya. Jika dahulu mungkin kita hanya mengenal beberapa jenis judul film kartun atau film animasi untuk anak, namun kini seiring dengan perkembangan teknologi dan majunya teknologi mulai banyak para produser yang membuat film kartun untuk anak.

Namun tentu saja sebagai orang tua memang harus lebih berhati-hati dan lebih selektif untuk memberikan tontonan kepada sang buah hati, sebab tak jarang juga usia anak-anak merupakan usia peniru, karena anak-anak akan lebih mudah untuk meniru apa yang ia lihat dan saksikan.

Itulah sebabnya mengapa para orang tua harus benar-benar memperhatikan apa yang sedang ditonton oleh anak-anak. Nah untuk itu berikut akan saya berikan beberapa rekomendasi film kartun yang baik ditonton oleh anak-anak dan mempunyai nilai-nilai moral yang bagus untuk anak-anak.

10 Rekomendasi Film Kartun Yang Bagus Untuk Anak Tarbaik

1. Doraemon, Stand By Me

@Hype MY

Tentu kalian semua disini sudah tak asing lagi dengan serial kartun Doraemon bukan? Nah di tahun 2014 yang lalu dibuat sebuah film dari serial kartun Doraemon ini. Dimana di dalam film ini akan menceritakan tentang awal perjalanan Doraemon, seekor robot kucing yang berasal dari abad ke 22.

Doraemon datang dari masa depan untuk membantu Nobita yang berada di abad ke 21. Di dalam film ini akan menceritakan tentang bagaimana persahabatan antara Doraemon dan Nobita serta juga dengan teman-teman Nobita yang lainnya.

Dan pada endingnya Doraemon pun harus meninggalkan Nobita dan Nobita harus bisa melakukan semua hal sendirian tanpa bantuan Doraemon.

2. Big Hero 6

@iTunes – Apple

Film ini bercerita tentang Hiro Hamada, seorang anak lelaki jenius yang sangat gemar dengan hal robotika. Ia mempunyai seorang kakak lelaki yang bernama Tadashi yang belajar di sebuah sekolah robotika.

Suatu hari Tadashi mengajak Hiro ke sekolahnya untuk belajar robotika dan disana Hiro bertemu dengan teman-teman Tadashi dan salah satu robot ciptaan Tadashi yang bernama Baymax.

Baca Juga :  5 Jenis Hewan dan Tumbuhan Langka di Dunia

Suatu ketika terjadi sebuah kebakaran di sekolah Tadashi dan menyebabkan Tadashi meninggal. Hiro dan teman-teman Tadashi sangat sedih karena hal ini. Kemudian mereka dan robot Baymax ini berusaha untuk mencari tahu siapa pelaku kebakaran yang menyebabkan Tadashi meninggal ini.

3. Finding Nemo

@store.steampowered

Film ini bercerita tentang seekor ikan badut bernama Marlin yang kehilangan anaknya yang bernama Nemo. Marlin sangat khawatir atas hilangnya Nemo ini. Dan ia berusaha untuk mencari kesana kemari hingga ia bertemu dengan seekor ikan bernama Dorry.

Mereka pun kemudian mengarungi lautan luas bersama dan bertemu dengan berbagai macam penghuni laut agar bisa menemukan Nemo.

Film ini sangat cocok sekali untuk ditonton oleh anak-anak, karena selain memiliki cerita yang bagus bagi anak-anak, film ini juga bisa memberikan pengetahuan tambahan kepada anak-anak tentang jenis-jenis ikan yang ada di lautan.

4. Rio

@sf.funcheap

Film ini bercerita tentang Blue, seekor burung Macaw berwarna biru yang harus kembali menuju ke tempat asalnya yaitu di Rio untuk di kawin silangkan. Pada saat sudah sampai di Rio, Blue kemudian dipasangkan dengan seekor burung betina bernama Jewel.

Akan tetapi mereka memiliki sifat yang sangat berbeda dan saling bertolak belakang yang membuat keduanya tidak pernah akur dan selalu bertengkar.

Sampai suatu ketika mereka dicuri oleh seorang eksportir burung illegal dan mereka harus saling bekerja sama dan kompak agar mereka bisa kembali bebas dan kembali ke alam asalnya. Film ini mengajarkan bahwa hewan-hewan langka yang hidup di hutan seharusnya tidak boleh diburu dan diperjualbelikan, namun harus dilindungi dan dilestarikan agar keberadaan mereka tidak punah.

5. The Boss Baby

@en.wikipedia.org

Film ini bercerita tentang Tim Tempeton, seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang merasa terancam dengan kehadiran seorang bayi yang bernama Theodore. Ternyata Theodore ini merupakan seorang agen rahasia dari sebuah perusahaan yang bernama Baby Corp.

Baca Juga :  Penyebab Kanker Secara Umum [Lengkap]

Dimana perusahaan ini memiliki sebuah misi untuk menghalangi niat dari sebuah perusahaan lain yang bernama Puppy Co yang ingin membuat manusia lebih mencintai seekor anjing daripada seorang bayi.

Tim Tempeton dan Theodore tak pernah akur, sebab Tim merasa bahwa Theodore merupakan sebuah ancaman untuknya dan ia juga merasa jika seorang bayi tersebut telah merebut seluruh kasih sayang orang tuanya.

Suatu ketika Tim tak sengaja mengetahui rahasia Theodore yang ternyata ia bisa berbicara seperti orang dewasa. Mereka pun membuat kesepakatan apabila Tim mau membantu Theodore, ia berjanji tidak akan mengganggu Tim dan keluarganya lagi.

6. Ratatouille

@disney.id

Film ini bercerita tentang seekor tikus bernama Remy yang memiliki impian menjadi seorang koki yang hebat. Namun ia sadar bahwa ia adalah seekor tikus dan tak mungkin bisa mewujudkan impiannya tersebut.

Suatu hari Remy bertemu dengan Linguini, seorang pegawai tukang sampah yang baru saja diangkat menjadi pegawai dapur di sebuah restoran. Mereka berdua pun membuat kesepakatan dan Remy akan membantu Linguini dalam memasak, sebab Linguini tak bisa memasak sama sekali.

Film ini akan mengajarkan tentang bagaimana caranya berusaha dengan keras untuk bisa mencapai sebuah impian yang diinginkan, serta juga terus semangat untuk melakukan apa yang kelihatannya tak mungkin untuk dilakukan.

7. Brave

@en.wikipedia.org

Film ini bercerita tentang Merida, seorang putri kerajaan yang sangat pandai untuk memanah. Suatu hari ia bertekad untuk pergi ke hutan dan ingin hidup jauh dari kemewahan kerajaan yang selama ini ia miliki. Namun ia mendapatkan sebuah masalah dan hal ini menyebabkan ia harus menanggung resikonya.

Baca Juga :  Perbedaan Baptis Selam Dan Baptis Percik

Yang mana ibunya kemudian berubah menjadi seekor beruang besar yang menyeramkan. Ia pun kemudian mencari segala cara untuk bisa menghentikan kutukan yang ada di dalam diri ibunya yang sudah menjadi seekor beruang ini. Dengan segala keberaniannya, Merida melawan berbagai macam raksasa dan musuh-musuhnya yang besar dan menakutkan agar ia bisa menghentikan kutukan yang ada di dalam diri ibunya ini.

8. Bolt

@amazon

Bolt adalah seekor anjing yang menjadi sebuah bintang dalam acara TV. Suatu hari ia dikirim dari panggung Hollywood menuju ke New York City, namun di tengah perjalanan ia terlepas dan ia bertemu dengan seekor kucing dan seekor hamster.

Mereka pun kemudian melakukan petualangan untuk bisa menemukan cara bagaimana agar bisa selamat dan kembali ke rumah.

9. Meraih Mimpi

@id.wikipedia.org

Film ini bercerita tentang seorang  gadis kecil bernama Dana yang berhasil menggagalkan rencana jahat Tuan Pairot, seorang tuan tanah yang ingin mengusir warga desa karena ingin menjadikan desa tersebut menjadi sebuah hotel.

Dana dan adiknya, Rai berusaha untuk menggagalkan rencana jahat ini. Mereka harus melalui berbagai macam rintangan namun mereka tak pernah menyerah dan selalu berusaha.

10. Battle Of Surabaya

@id.wikipedia.org

Film ini mengambil latar cerita perang 10 November 1945 di Surabaya. Bercerita tentang Musa, seorang kurir yang dipercaya untuk mengantarkan kode rahasia bagi para pejuang melalui siaran radio.

Musa harus melalui berbagai macam rintangan dan halangan untuk menjalankan tugasnya, termasuk juga ia harus rela kehilangan keluarganya.

Related posts: