10 Contoh Spanduk Tahun Baru Islam [Gambar]

Posted on

Tak terasa waktu berlalu begitu cepatnya. Perasaan padahal baru kemarin kita merayakan tahun baru, tapi kini rasanya kita sudah berada di penghujung tahun dan bersiap untuk memasuki tahun yang baru selanjutnya. Momen pergantian tahun atau tahun baru ini juga tak dirayakan oleh seluruh umat manusia di dunia pada umumnya yang menggunakan sistem penanggalan Masehi yang kita kenal. Namun ada juga beberapa sistem penanggalan di dunia ini yang memiliki perhitungan yang berbeda dari kalender Masehi.

Salah satu jenis penanggalan atau sistem kalender yang populer di Indonesia selain tentu saja kalender Masehi yaitu adalah kalender Hijriyah. Kalender Hijriyah ini banyak digunakan oleh para umat Muslim di dunia untuk menentukan hari-hari besar dan perayaan keagaaman umat Muslim. Yang mana kalender Hijriyah ini secara resmi belum dimulai pada saat jaman Rasulullah S.A.W.

Dimana kalender hijriyah ini hanya dimulai pada saat jaman Khalifah Arrasyidin kedua yaitu Umar al-Faruq R.A. Terdapat beberapa saran dan pendapat dari para sahabat nabi mengenai penetapan untuk tanggal bagi Madinah kala itu. Ada yang mengusulkan agar tahun Islam ini dimulai pada saat kelahiran Nabi Muhammad SAW, lalu ada juga yang mengusulkan bahwa agar tanggal Islam ini ditetapkan pada hari Rasulullah diangkat menjadi seorang nabi dan rasul. Dan ada juga yang memiliki pandangan bahwa sebaiknya awal tanggal dari tahun Islam ini ditetapkan pada tanggal hijrahnya Nabi SAW.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H

Di dalam tahun Hijriyah ini juga memiliki tahun baru seperti yang kita rayakan pada setiap tanggal 1 Januari setiap tahunnya. Yang mana di dalam kalender Islam atau kalender Hijriyah ini tahun barunya jatuh pada tanggal 1 Muharram, yang sering kita sebut dengan tahun baru Hijriyah atau tahun baru Islam.

Yang mana tahun baru Hijriyah ini menjadi sebuah hari yang sangat penting bagi umat Islam. Hal ini karena tahun baru Islam ini memperingati sebuah peristiwa penting yang terjadi di dalam sejarah Islam, yaitu tentang hijrahnya Nabi Muhammad saw dari kota Mekkah menuju ke Madinah di tahun 622 Masehi. Yang mana peringatan tahun baru Hijriyah ini bagi para umat Muslim dimaknai sebagai awal mereka untuk berpindah dari kegelapan menuju kepada cahaya Islam yang terang.

Yang mana hal ini berarti bahwa tahun baru Hijriyah ini menjadi awal bagi para umat Islam untuk memulai hidup yang baru di tahun yang baru dengan menuju kepada kehidupan seorang Muslim yang baru yang lebih baik dan semakin dekat kepada Allah dari tahun sebelumnya. Biasanya menjelang peringatan tahun baru Hijriyah ini banyak instansi atau organisasi atau mungkin perorangan seperti tokoh-tokoh agama Islam yang membuat spanduk dengan ucapan selamat tahun baru Hijriyah.

Yang mana biasa nya spanduk-spanduk ucapan selamat tahun baru Hijriyah ini dipasang di toko-toko, di rumah, maupun juga di pinggir jalan atau di tempat-tempat umum lainnya. Berikut ini akan saya berikan referensi contoh spanduk ucapan selamat tahun baru Islam bagi kalian semua yang sedang mencari referensi tentang spanduk ucapan selamat tahun baru Hijriyah.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Susu Peninggi Badan Terbaik

Contoh Gambar Spanduk Ucapan Selamat Tahun Baru Hijriyah

@animasitahunbaru
@makassar.tribunnews
@doa.dudixa
@newteknoes
@santriema
@twitter
@newteknoes
@id.pinterest
@doktercorel
@pojoksatu

Nah itulah tadi beberapa contoh spanduk ucapan selamat tahun baru Hijriyah. Semoga di tahun yang baru ini para umat Muslim bisa senantiasa selalu menuju kepada kehidupan yang lebih baik dari tahun-tahun yang sebelumnya.

spanduk tahun baru hijriyah, spanduk tahun baru islam, tema spanduk peringatan tahun baru islam
Related posts: